Mohon di Baca

Apabila ada yang kesulitan ketika men-DOWNLOAD file, bisa request via email ke muhamad.haidir@gmail.com.

Kamis, 03 September 2015

Bagaimana Cara Melatih Si Kecil Untuk Tidur Sendiri?, Ini Tipsnya


Ketika masih bayi umumnya anak biasanya memang tidur satu kamar dengan orang tuanya, tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan umur si anak sudah cukup besar maka orang tua biasanya ingin melatih si kecil untuk tidur sendiri di kamarnya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah sebenarnuya umur berapa anak bisa mulai dilatih untuk tidur terpisah dengan orang tua?

Sebenarnya tidak ada suatu ketentuan yang pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk membiasakan anak untuk tidur sendiri, beberapa orang tua ada yang sudah melatihnya sejak lahir, dan ada juga yang selalu tidur bersama orang tua sejak lahir. Tentunya hal ini semua tergantung pada kebiasaan yang ada pada keluarga tersebut, Namun pada umumnya biasanya usia yang pas untuk melatih anak untuk tidur sendiri adalah pada saat anak sudah berumur 2 tahun.

Melatih anak untuk tidur terpisah sebaiknya Anda lakukan secara perlahan, dan perhatikan juga apakah anak bisa tidur dengan pulas tanpa terbangun di malam hari untuk mencari orang tua. Jika anak sudah tidak terbangun mencari orang tua pada malam hari hal itu menandakan bahwa si anak sudah siap untuk tidur sendiri.

Anda juga harus meyakinkan si anak bahwa tidur sendiri itu tidaklah menyeramkan. Ajak sang anak untuk menghias kamar tidurnya sesuai dengan keinginannya. Lalu selalu jelaskan bahwa walaupun ia tidur terpisah, ia dapat memanggil Anda jika dibutuhkan.

Hal yang paling penting dan harus dipastikan adalah keamanan anak tetap harus terjaga. Selalu cek dan pastikan tidak ada benda tajam yang dapat melukai anak. Atur segala macam kabel listrik dan segala sesuatu yang bisa mengakibatkan kecelakaan, dan jika bisa lokasi kamar si Anak sebaiknya tidak terlalu jauh dengan kamar orang tua sehingga jika terjadi sesuatu orang tua bisa merespon dengan cepat.

Sumber: niagasehat.com

0 komentar :

Posting Komentar